PENGUJIAN KEBERADAAN VITAMIN C DALAM BUAH

PENGUJIAN KEBERADAAN VITAMIN C DALAM BUAH

 

TUJUAN

  1. Menjelaskan kegunaan larutan iodium dalam pengujian vitamin c
  2. Menentukan keberadaan vitamin C dalam berbagai buah.

 

ALAT DAN BAHAN

ALAT :

–          Tabung reaksi

–          Pipet tetes

–          Rak tabung reaksi

–          Plastik

–          Beker gelas

BAHAN :

–          Tablet vitamin c

–          Larutan iodium/larutan lugol

–          Asam sitrat

–          Air kelapa

–          Jeruk

–          Jambu air

–          Duku

–          Mangga

–          Tomat

–          Ale-ale

LANGKAH KERA

–          Campurkan 20 tetes iodium dengan air sebanyak 1 sendok makan( larutan akan bewarna kekuning-kuningan ). Buat sebanyak sari buah yang mau di uji di tambah satu untuk di uji dengan vitamin C.

–          Haluskan tablet vitamin C menjadi bubuk, masukkan ½ dari bubuk tadi kedalam gelas yang telah diisi air sebanyak 4 sendok makan. Aduk hingga bubuk vitamin C melarut sempurna.

–          Buatlah sari buah dari buah yang akan di uji dengan cara memeras buah tersebut dan tempatkan di dalam wadah yang berbeda.

–          Teteskan larutan iodium pada vitamin C sehingga larutan bewarna bening. Hitunglah jumlsh tetes larutan yang digunakan.

–          Selanjutnya, tetesi sari buah yang pertama sebanyak tetesan iodium kedalam larutan vitamin C. ( ulangi poin ini untuk sari buah yang lainnya.

–          Catat hasil pengujian pada tabel.

 

HASIL PENGAMATAN

 

 

Tabel uji vitamin C pada buah

Bahan yang diuji

Warna larutan iodium

Yang mengandung

Vitamin C

Sebelum ditetesi

          Setelah ditetesi

Vitamin C

Kuning

Bening

ü

Sari tomat

Merah Orange

Bening

ü

Sari jeruk nipis

Putih

Bening

ü

Air kelapa

Putih

Cokelat Keruh

          –

Sari jambu air

Pink

Bening

ü

Asam sitrat

Putih

Bening

ü

Sari duku

Putih

Cokelat Keruh

Ale-ale Jeruk

Kuning

Cokelat

Sari mangga

Kuning

Bening

ü

Asam Cuka

Bening

coklat

 

 

KESIMPULAN

Dari percobaan di atas, Bahan yang mengandung vitamin C adalah Sari tomat, Sari Jeruk Nipis, Sari Jambu Air, Asam Sitrat, Sari Mangga karena setelah di tetesilugol, perubahan warna buah tersebut menyerupai warna tablet vitamin c.

Dan dari percobaan di atas dapat di simpulkan bahwa tidak semua bahan makana atau buah yang rasanya asam mengandung vitamin c seperti cuka yang memiliki rasa asam, tetapi tidak mengandung vitamin c, bahkan cuka dapat merusak lambung bila di konsumsi berlebihan.

PEMBAHASAN

  1. a.      Landasan teori

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh dan berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bila dalam tubuh kebutuhan vitamin dan mineral mencukupi, maka segala jenis penyakit dapat dicegah. Mengkonsumsi vitamin C yang juga berfunsi sebagai antioksidan terbukti dapat menangkal virus-virus seperti virus flu, sehingga bila kita cukup memenuhi kebutuhan ini, maka kita akan lebih jarang mengalami flu.

Sejarah penemuan

Vitamin C berhasil diisolasi untuk pertama kalinya pada tahun 1928 dan pada tahun 1932 ditemukan bahwa vitamin ini merupakan agen yang dapat mencegah sariawan. Albert Szent-Györgyi menerima penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1937 untuk penemuan ini. Selama ini vitamin C atau asam askorbat dikenal perananny dalam menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi. Pada beberapa penelitian lanjutan ternyata vitamin C juga telah terbukti berperan penting dalam meningkatkan kerja otak. Dua peneliti di Texas Woman’s University menemukan bahwa murid SMTP yang tingkat vitamin C-nya dalam darah lebih tinggi ternyata menghasilkan tes IQ lebih baik daripada yang jumlah vitamin C-nya lebih rendah.

Peranan vitamin C dalam tubuh

Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia. Struktur kolagen yang baik dapat menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil, dan luka ringan.

 

 

Buah jeruk, salah satu sumber vitamin C terbesar.

Vitamin c juga berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran. Sebagai antioksidan, vitamin c mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh. Melalui pengaruh pencahar, vitamini ini juga dapat meningkatkan pembuangan feses atau kotoran.[1] Vitamin C juga mampu menangkal nitrit penyebab kanker. Penelitian di Institut Teknologi Massachusetts menemukan, pembentukan nitrosamin (hasil akhir pencernaan bahan makanan yang mengandung nitrit) dalam tubuh sejumlah mahasiswa yang diberi vitamin C berkurang sampai 81%

Hipoaskorbemia (defisiensi asam askorbat) bisa berakibat keadaan pecah-pecah di lidah scorbut, baik di mulut maupun perut, kulit kasar, gusi tidak sehat sehingga gigi mudah goyah dan lepas, perdarahan di bawah kulit (sekitar mata dan gusi), cepat lelah, otot lemah dan depresi. Di samping itu, asam askorbat juga berkorelasi dengan masalah kesehatan lain, seperti kolestrol tinggi, sakit jantung, artritis (radang sendi), dan pilek.

Konsumsi

Kebutuhan vitamin C memang berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung pada kebiasaan hidup masing-masing. Pada remaja, kebiasaan yang berpengaruh di antaranya adalah merokok, minum kopi, atau minuman beralkohol, konsumsi obat tertentu seperti obat antikejang, antibiotik tetrasiklin, antiartritis, obat tidur, dan kontrasepsi oral. Kebiasaan merokok menghilangkan 25% vitamin C dalam darah. Selain nikotin senyawa lain yang berdampak sama buruknya adalah kafein. Selain itu stres, demam, infeksi, dan berolahraga juga meningkatkan kebutuhan vitamin C

Pemenuhan kebutuhan vitamin C bisa diperoleh dengan mengonsumsi beraneka buah dan sayur seperti jeruk, tomat, arbei, stroberi, asparagus, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan hati.

 

 

Rujukan :

Manfaat vitamin c bagi kesehatan

Lampiran Foto :
   

One thought on “PENGUJIAN KEBERADAAN VITAMIN C DALAM BUAH

  1. ehmm itu kurang lengkap ya,krang lngkapnya karna di situ di ketahui bhwa tujuan yg pertama adlh Menjelaskan kegunaan larutan iodium dalam pengujian vitamin c ttpi waktu hasil pengamatan / di landasan teori seharusnya ada kegunaan itu ????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s